Blog

Cara Membuat Pondasi Beton yang Kokoh

cara membuat pondasi beton yang kokoh

Berbicara mengenai cara membuat pondasi rumah, tentu kita tidak dapat sembarangan dalam membuatnya. Sebuah pondasi rumah merupakan bagian mendasar yang berfungsi sebagai penopang bagi semua bangunan di atasnya. Lalu bagaimana cara membuat pondasi beton yang kokoh?

Cara Membuat Pondasi Beton yang Kokoh Untuk Rumah Sederhana

Hal-hal yang umum kita lakukan pada saat membuat pondasi sederhana yaitu dengan menggunakan jenis pondasi yang bersifat dangkal. Fungsi dari pondasi ini adalah untuk menopang beban struktur saat pemasangan bata.

Jenis pondasi beton pada bangunan yang biasanya Anda gunakan untuk membangun rumah 1 lantai adalah pondasi batu bata. Pondasi ini terbuat dari material yang berasal dari batu bata, serta campuran pasir, semen, dan air.

Baca Juga : Jenis Beton Untuk Konstruksi

Cara Membuat Pondasi Rumah Tahan Gempa

Pondasi merupakan bagian dasar yang menentukan kekuatan pada sebuah bangunan. Sehingga untuk membangun sebuah rumah, pondasi yang Anda bangun haruslah kuat supaya tidak membahayakan penghuni yang berada di dalamnya.

Pondasi berjenis rumah tahan terhadap gempa mungkin dapat Anda pertimbangkan saat membangun sebuah pondasi. Hal ini juga mengantisipasi adanya sebuah bencana alam yang tidak bisa kita prediksi.

Membangun pondasi sejak awal dapat membantu meminimalisir pengeluaran renovasi jika terjadi kerusakan oleh sebab beberapa alasan yang tidak bisa kita cegah. Usahakan untuk menanamkan pondasi tahan gempa dengan kedalaman yang cukup.

Pada umumnya, cara membuat pondasi beton yang kokoh gempa menggunakan jenis material batu kali. Sehingga dapat langsung menghubungkan pondasi dengan sloof. Agar semakin kuat dan tahan lama, tanamlah pondasi batu kali dengan kedalaman minimal 45 cm di bawah permukaan tanah. Tips ini sebaiknya Anda gunakan jika ingin membangun rumah dengan jumlah 1 lantai.

Baca Juga  Mengetahui Jenis Beton Untuk Konstruksi Bangunan

Sementara cara membuat pondasi beton yang kokoh pada rumah yang memiliki 2 lantai, minimal kedalamannya adalah berada pada 60 cm agar lebih kuat. Selain itu, supaya ketahanan pondasi yang Anda bangun lebih kuat, tambahkan juga pondasi telapak maupun pondasi sumuran di beberapa titik tertentu.

Gunakan Balok Pengikat Pondasi Rumah Tahan Gempa

Setelah pondasi batu selesai Anda buat, cara yang lain dalam membuat pondasi rumah berikutnya yaitu dengan membuat sloof atau balok pengikat yang berasal dari bahan beton. Fungsi dari sloof ini, untuk mengalirkan beban bangunan menuju ke pondasi secara lebih merata.

Tidak hanya bisa Anda gunakan pada pondasi menerus, sloof ini juga bisa digunakan pada pondasi dengan jenis setempat. Dalam pondasi jenis batu kali, sloof haruslah tetap Anda buat dengan kokoh yaitu dengan cara mengikatkan badannya dengan angker sepanjang setengah meter.Balok pengikat pada pondasi atau sloof ini akan semakin membuatnya lebih kuat serta kokoh dan bagus.

Mengikat Pondasi, Sloof, dan Kolom Jadi Satu

Tahapan terakhir pada pembuatan pondasi rumah tahan gempa yaitu dengan mengikat pondasi, sloof, dan kolom menjadi sebuah kesatuan yang sama. Pastikan agar semua bagian terikat dengan kuat juga terintegrasi dengan sangat baik, terutama yang terletak pada bagian pembesiannya.

Langkah terakhir dalam cara membuat pondasi beton yang kokoh ini merupakan langkah yang paling penting. Karena apabila semua telah terintegrasi baik, maka guncangan pada saat gempa terjadi dapat tersalurkan secara merata.

Hal itu akan membawa dampak bagi rumah hunian Anda, maka tidak akan ada tempat bangunan yang memiliki kerusakan cukup parah. Sehingga menyebabkan bangunan mudah rusak atau pun runtuh.

Pada saat membangun sebuah rumah, terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan sehingga rumah lebih kuat dan juga kokoh.

Baca Juga  Harga Sewa Scaffolding Steger Lampung Murah Satu Paket

Mulai dari memilih material, mencampurkan nya, hingga konsep keseluruhan. Kemudian, hal yang tidak kalah penting untuk Anda persiapkan dengan matang adalah bagaimana cara membuat pondasi yang kuat, sehingga tidak mudah runtuh jika terjadi sesuatu.

Mengenai rancangan serta pembuatan pondasi menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pikirkan dalam mewujudkan hunian yang tidak hanya nyaman, akan tetapi aman dari segala marabahaya.

Tanpa sebuah pondasi yang kuat, bangunan tidak dapat dikatakan layak untuk Anda huni. Sebab pondasi memiliki daya guna untuk menahan beban dari keseluruhan bangunan yang ada di atasnya nanti. Sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui cara membuat pondasi beton yang kokoh sebelum membangunnya.